Spesifikasi Penangkal Petir Kurn

Penangkal petir Kurn adalah salah satu alat penangkal petir yang dikenal luas dan termasuk penangkal petir yang banyak diminati di Indonesia. Jenis penangkal petir lokal buatan Kurn Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1994. Penangkal petir Kurn adalah jenis penangkal petir radius yang menggunakan prinsip kerja elekstoskop. Uji coba alat penangkal petir ini menggunakan sistem technology highvoltages generator impulse yang dieksperimenkan di pusat penelitian lab. PLN-LMK Jakarta, Indonesia. Setelah lolos uji coba dan memenuhi pesyaratan lainnya maka PLN-LMK memberikan sertifikat kepada PR Kurn Indonesia yaitu Certificate of Original test ab.PLN-LMK no.321.LLI.006J.94. Sejak saat itu penangkal petir Kurn telah resmi digunakan di seluruh Indonesia. Inilah beberapa spesifikasi penangkal petir Kurn serta beberapa kelebihan lainnya.

Bentuk dan Spesifikasi

Bentuk penangkal petir Kurn sesuai pada brosur penangkal petir Kurn adalah seperti ujung tombak yang pecah di bagian ujungnya dan dikelilingi beberapa jeruji menghadap keatas. Di bagian tengah disebut head coper, dan jerujinya disebut disch, yang terdiri dari disch vertical dan disch horizontal. Pada bagian head terminal ada serial numbernya. Ada dua macam spesifikasi penangkal petir Kurn yaitu HEAD KURN TERMINAL R : 60-80M (untuk area sempit) dan R : 120-150M (untuk area luas).

Spesifikasi penangkal petir Kurn r 150 biasanya digunakan untuk area seperti industry, pabrik, area golf maupun perkebunan, serta peralatan elektronik besar seperti tower. Sedangkan penangkal petir Kurn 60 -80M lebih cocok digunakan untuk rumah maupun gedung yang sempit.

Cara kerja penangkal petir Kurn

Dengan menggunakan prinsip cara kerja elektroskop yang disebut Ionizer Dissipation System yaitu bekerja dengan cara menciptakan medan ionisasi di sekelilling area sehingga mampu memberikan perbedaan potensial antara awan dan bumi dan melalui penghantar akan dinetralkan oleh bumi. Pada muatan yang cukup besar, head terminal akan mengatur agar sambaran petir tetap dapat dikonsentrasikan pada head coper sehingga petir tidak menyambar ke sasaran lainnya, dan selanjutnya melalui kawat penangkal petir akan dinetralkan oleh ground. Untuk pemasangan penangkal petir Kurn memiliki struktur ketinggian yang sudah ada ketentuannya, dimana masing-masing ketinggian berpengaruh terhadap luasan atau radius wilayah yang terlindungi dari sambaran petir.

Harga

Harga penangkal petir Kurn masing tipe tidak sama tergantung pada spesifikasinya. Harga penangkal petir Kurn r85 dengan harga Kurn r 150 tentu akan lebih mahal penangkal petir Kurn r 150. Disamping itu tiap penjual penangkal petir Kurn antara yang satu dengan yang lain biasanya juga berbeda tergantung pada fasilitas yang diberikan, seperti apakah sekaligus dengan jasa pemasangan penangkal petirnya, garansinya dll.