Cara Pasang Penangkal Petir

Jasa pasang penangkal petir murah sangat mungkin ditemukan di banyak tempat. Banyak dari mereka yang tinggal di kota besar yang mencari jasa pasang penangkal petir Depok, Jasa penangkal petir Bekasi dan memilih yang murah untuk harga pasang penangkal petirnya. Oleh sebab itu mereka cenderung memilih yang murah juga untuk harga penangkal petir rumah tinggal mereka yang biasaya jatuh pada harga penangkal petir konvensional yang memang lebih murah dibanding dengan penangkal petir radius. Namun, sebelum menggunakan jasanya sebaiknya anda harus menguasai teknik pemasangan penangkal petir yang benar, karena bisa saja ada yang terlewat dilakukan oleh penyedia jasa pasang penangkal petir murah. Setidaknya, jika anda menguasai tekniknya secara benar, anda dapat meminimalisir jika mereka tidak sengaja melakukan kesalahan. Sebelum menghubungi penyedia jasa pasang penangkal petir murah, Anda sebaiknya mengetahui dulu sistem pemasangan alat penangkal petir pilihan anda, bagaimana cara kerja alat penangkal petir tersebut, dan cara pemasangannya. Meskipun anda akan menyuruh orang penyedia jasa pasang penangkal petir murah nantinya.

Siasat agat memperoleh harga pasang penangkal petir murah bisa dihemat dari sisi kualitas, pengerjaan maupun bahan yang digunakan. Penangkal petir, atau lebih tepatnya penyalur petir, adalah salah satu perangkat yang sering dipasang di rumah atau gedung. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk mencegah sambaran petir agar tidak langsung merusak alat-alat elektronik di dalam bangunan. Meskipun cara kerjanya sederhana, factor teknis perlu dikuasai dengan baik agar alat penangkal petir itu benar-benar mampu bekerja secara optimal. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cara pasang penangkal petir murah di bawah ini.

Pemasangan Grounding

Grounding atau pembumian adalah tahap awal dalam dalam pasang penangkal petir murah ini. Jika tahap ini tidak dilakukan, maka perangkat tidak akan berjalan. Sebab, grounding adalah tempat terakhir di mana arus petir terlepas. Untuk membuat grounding, tekstur tanah yang pun harus punya kriteria yang bagus. Antara lain mengandung kadar garam, air, serta keasaman yang tinggi. Tekstur dari tanah juga berpengaruh terhadap tingkat kedalaman pengeboran.Grounding juga harus terbuat dari konduktor seperti stainless, tembaga, atau galvanise. Grounding intinya membuat nilai tahanan tanah harus kecil di bawah 2 ohm. Namun kebanyakan jasa pasang penangkal petir murah sudah puas di tahanan 5 ohm, padahal angka tersebut sebenarnya masih terbilang agak tinggi.

Penempatan Kabel

Sesuai dengan jasa pasang penangkal petir murah, ukuran kabel yang dipasang bisa jadi diameternya tidak sesuai standar. Atau, bahannya berkualitas jelek, karena menyesuaikan harga. Padahal, ukuran kabel yang digunakan dalam tahap pemasangan adalah 50 mililmeter (minimal, beberapa bahkan standarnya lebih besar lagi yaitu 70mm). Lantas, bentuk kabel yang dipakai pun bisa beragam, antara lain pilinan atau batang konduktor. Perlu diketahui bahwa sudut runcing atau kurang dari 90 derajat dalam belokan kabel perlu dihindari. Sebab kalau tidak, hal itu akan menyebabkan aliran petir yang cukup liar (side flashing) di bagian luar bangunan. Maka, penting bagi Anda untuk berhati-hati saat memilih penyedia jasa pasang penangkal petir murah.

Penentuan Jalur Kabel

Penentuan jalur kabel pada pasang penangkal petir murah berpengaruh pada biaya. Namun sebaiknya tidak hanya berhemat saja, melainkan tetap mempertimbangkan keamanannya dengan baik. Setidaknya, ada tiga hal yang harus Anda perhatikan saat memilih jalur kabel untuk penangkal petir, yaitu:

  1. Untuk menghemat kabel yang akan digunakan dalam tahap pemasangan, Anda bisa memilih jalur yang paling pendek. Selain itu, Anda juga akan memperoleh keuntungan dari segi teknis, yakni tahanan kabel yang cukup kecil;
  2. Untuk mengantisipasi side flashing, pastikan saluran elektrisnya memperoleh jalan paling cepat ke dalam tanah. Selain itu, sebisa mungkin belokan, karena hal tersebut bisa memicu patahan dalam isolasi maupun side flashing;
  3. Agar keamanan bangunan terjamin dan terhindar dari sambaran petir langsung, buat jalur kabel secara mendatar. Jalur tersebut harus dipasang pada seluruh sisi ujung di bubungan bangunan. Meskipun hal ini sedikit menambah biaya, sebaiknya pertimbangkan dengan penyedia jasa pasang penangkal petir murah anda.

Tahap Terakhir Pemasangan

Siapkan pipa pelindung atau conduite untuk mengamankan beberapa tempat yang terbilang vital. Dalam tahap akhir, akan dipasang head terminal yang harus terkoneksi kabel penyalur sampai ke sistem grounding. Hal tersebut tentunya dilakukan setelah kabel dipasang secara sempurna. Sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan fatal terhadap bangunan atau sistem instalasi penangkal petirnya.Tahap an ini bisa menjadi pegangan Anda yang ingin memasang penyalur petir. Selain itu, Anda juga jadi bisa mengawasi agen pasang penangkal petir murah yang sedang membantu anda.