Cara Memilih Parabola

Berikut saya akan mengulas Cara Memilih Parabola Yang Bagus Agar Tidak Menyesal Kemudian.

Parabola digital terbagi ke dalam dua jenis yaitu parabola jaring dan parabola solid. Masing-masing mempunyaki kelebihan maupun kekurangan.

1. Memilih Parabola Jaring atau Solid

Bagus atau tidaknya dish solid atau jaring itu relatif, karena banyak aspek yang memperngaruhinya. Semua di kembalikan kepada kebutuhan anda sendiri. Tentukan kebutuhan anda, baru kemudian bisa memilih dish yang tepat.

Parabola jaring lebih unggul untuk frekuensi C Band sedangkan parabola solid lebih unggul untuk frekuensi Ku Band.

Hujan akan mempengaruhi kualitas penangkapan sinyal satelit. Untuk hal ini dish jaring pasti lebih unggul dalam penangkapan sinyal, sedangkan dish solid kesulitan menangkap sinyal dalam keadaan hujan. Parabola solid akan menampung air sehingga akan mengganggu penangkapan sinyal dari dish ke LNB. Oleh karena itu, sebaiknya lock satelit yang sinyalnya luber.

Dish jaring lebih unggul terhadap angin dibandingkan dengan dish solid. Angin yang kuat akan membebani parabola solid karena tidak adanya lubang. Hal ini memungkinkan dish solid lebih cepat rusak. Bisa mengakalinya dengan parabola mini.

Parabola solid akan lebih cepat berkarat dan juga harganya lebih mahal. Untuk urusan sinyal, parabola solid lebih sensitif.

2. Pilih Parabola Besar atau Kecil

Parabola besar sebenarnya lebih baik daripada yang berukuran kecil. Lebih baik dalam arti penangkapan sinyal nya lebih efektif. Menurut saya lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Kekurangan dish besar hanya harganya yang lebih mahal dan lebih repot dalam pemasangan.

Selain itu, penggunaan parabola mini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi sekarang sudah ada Ninmedia di satelit Chinasat 11 yang sinyalnya kuat mencakup seluruh indonesia. Jadi ukuran dish mini tidak jadi masalah jika hanya lock Ninmedia saya. Biaya yang dikeluarkan pun semakin murah. Cukup 300 ribuan sudah bisa mendapat siaran satelit dari Ninmedia. Anda dapat membaca di artikel bawah.

Kelebihan parabola mini :

  • Cocok di pasang di daerah yang diarang menggunakan parabola besar
  • Simple karena tidak membutuhkan ruang yang banyak
  • Mudah dalam pemasangan
  • Biaya lebih murah

Kelemahan parabola mini :

  • Channel parabola mini biasanya di huni oleh channel berbayar dan di acak, kecuali Ninmedia
  • Sinyal rentan terganggu saat hujan karena dish mini menggunakan LNB Ku Band. Hujan dapat menyebabkan hilang sinya atau macet. Jadi lock Ninmedia saja, solusinya saat traking dapatkan sinyal diatas 60 Bar, kalau bisa 80 keatas biar aman meski hujan.