Macam – Macam Jenis Antena Parabola

Bagian Terpenting dari Sebuah Pancar terima atau Terima saja dari sistim persatelitan adalah Dish atau Parabola, mengapa di namai Antena parabola ? tentu ini terkait dengan bentuk fisik dari benda yang di namai, dan sepertinya juga masih kental dengan budaya “latah” kita ketika menyebut dan menamai sesuatu dengan obyektifitasnya.

Antena parabola berbentuk seperti piringan. Antena parabola dapat digunakan untuk mentransmisikan berbagai data, seperti sinyal telepon, sinyal radio dan sinyal televisi, serta beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang. Fungsi antena parabola yang umum diketahui oleh masyarakat di Indonesia adalah sebagai alat untuk menerima siaran televisi satelit.

Satu dari sekian dish yang beredar di Indonesia adalah dish buatan PT. Subur Semesta yang berlokasi di Jakarta, dan menurut pengalaman saya, kualitas dish ini tergolong paling baik di antara dish/piringan-piringan yang lain yang beredar di sekitar Kita, walau kelihatanya ada beberapa merk dagang yang lain yang di produksi dari satu perusahaan yang sama, akan tetapi tetap mempunyai ciri yang berbeda-beda, tak terkecuali masalah harga tentunya sangat terkait dengan “Qualitas” nya bisa ketebalan material dish, bahan dish itu sendiri, metode pengecatan, dan yang tidak kalah penting linieritas saat dish di gerakan “positioning”.

Macam – Macam Jenis Antena (Payung) Parabola

1. Jenis Mesh/Jaring
Jenis Mesh/Jaring yang ada lobang kecil kecil sebagai reflector nya, sedangkan ukuran nya juga ada bermacam macam antara lain 6 feed, 8 feed, 9 feed, 12 feed dan 16 feed, tapi yang banyak dijual dipasaran yaitu 6 feed dan 8 feed. Untuk kelebihan antena jenis mesh ini adalah tidak berkarat karena terbuat dari bahan alumenium, juga antena ini juga bobotnya lebih ringan. Namun antena jenis ini juga memilki kelemahan antara lain kawat jaring-jaring nya mudah terlepas dari konstruksinya dan juga daya tangkap nya agak sedikit kurang dibandingkan dengan jenis lain nya.

2. Parabola Jenis Solid

Parabola Jenis Solid yang terbuat dari plat campuran logam besi baja dengan alumenium sebagai reflektornya:
Bentuk Offset (Lonjong)
Bentuk Offset (Lonjong) dengan ukuran diameternya cukup kecil antara 45cm sampai dengan 100cm. Ini yang sering kita jumpai penggunaan untuk TV berbayar/Pay TV seperti Indivision, Transvision, K-Vision, Orange TV, Astro, Aora, Big TV dan banyak lagi (walaupun ada juga bukan untuk pay tv seperti Ninmedia dan TV Desa Group).

Bentuk Prime Focus (Bulat)

Prime Focus (Bulat) yang bentuk nya seperti antena parabola kebanyakan yang dijual dipasaran. Ukuran nya antara lain dari 4 feed hingga 12 feed, namun kebanyakan yang dijual dan dipakai adalah ukuran 6 feed saja. Kelebihan antena jenis ini adalah daya tangkap nya terhadap sinyal satelit lebih baik dan bagus dan mudah dalam proses pemasangan dan pemeliharaan nya. Namun kekurangan nya juga ada yaitu mudah sekali berkarat.

sumber : https://www.berandasatelit.com/2018/01/macam-macam-jenis-antena-parabola.html